Apel Peringatan Hari Bela Negara ke 73 tahun 2021

“Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan Negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju. 

Bela Negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga Negara, baik secara perorangan maupun kolektis dalam menjaga kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI. Nilai-nila dasar bela Negara tersebut adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideology Negara, rela berkorban untuk bangsa dan Negara, serta kemampuan awal bela Negara. Implementasi dari 5 (lima) nila dasar bela Negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan”.

Hal tersebut diatas adalah cuplikan dari amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo (Budi Hartono, S.Si, M.Si) pada apel peringatan Hari Bela Negara ke 73 tahun 2021 di Taman Budaya Kulon Progo pada tanggal 22 Desember 2021.

Dalam peringatan Hari Bela Negara ke 73 tahun 2021 kali ini Badan Kesbangpol Kulon Progo melaksanakan kegiatan Apel peringatan Hari Bela Negara (HBN) dan sarasehan singkat, yang dilaksanakan di Taman Budaya Kulon Progo. Narasumber sarasehan adalah kepala Badan kesbangpol Kulon Progo

Peserta Apel peringatan HBN terdiri dari Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kulon Progo dan anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kulon Progo, dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo, Sekretaris Badan Kesbangpol Kulon Progo, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Kepala Bidang Poldari serta jajaran structural Badan Kesbangpol Kulon Progo lainnya.