PPI Tahun 2021 Kulon Progo dan PPI Tahun 2021 DIY ditetapkan sebagai Duta Pancasila

Senin, 20 Desember 2021 bertempat di Bangsal Kepatihan Komplek Kantor Gubernur DIY.
Dalam pengantar penetapan Purna Paskibraka Duta pancasila oleh Kepala BPIP disampaikan : “Purna Paskibraka Tahun 2021 telah selesai melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Pusaka, dan hari ini akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila. Penetapan ini bermakna agar Purna Paskibraka dapat memegang teguh consensus terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Purna Paskibraka agar menjadi teladan dan mengarusutamakan dalam berbagai aspek kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam laku hidup sehari-hari harus menanamkan nilai-nila Pancasila, Kebangsaan, persatuan dan kesatuan cinta tanah air, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia di berbagai bidang”.
Dalam upacara tersebut dihadiri oleh : Kepala BPIP, Wakil Gubernur DIY, jajaran Forkopimda DIY, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Jajaran pejabat di lingkungan BPIP dan OPD di lingkup DIY.
Acara Upacara Penetapan Purna Paskibraka Duta pancasila Tahun 2021 DIY adalah sebagai berikut :
1.    Menyanyikan Lagu Kebangsaaan Indonesia Raya
2.    Pembacaan Doa
3.    Prosesi Penetapan Purna Paskibraka Duta pancasila Tahun 2021 DIY
4.    Pengantar Penetapan oleh Kepala BPIP
5.    Pengucapan ikrar dan janji kepada Pancasila
6.    Pembacaan Surat Keputusan Penetapan
7.    Penyematan pin oleh Wakil Gubernur DIY
8.    Penyerahan Piagam oleh Kepala BPIP
9.    Menyanyikan lagu Bagimu Negeri
10. Sambutan Gubernur DIY (dibacakan oleh Wagub DIY) dan kemudian mendengarkan pembekalan untuk Purna Paskibraka Duta Pancasila dari Bapak Tri Sutrisno (secara virtual)