MENERIMA KUNJUNGAN STUDY KOMPARASI DARI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN KENDAL

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo menerima kunjungan study komparasi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis 2 Desember 2021. Diterima langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo, Bapak Budi Hartono, S.Si, M.Si beserta jajarannya. Rombongan dari Badan Kesbangpol Kabupaten Kendal dipimpin Bapak Ardi Luftiaso, selaku Plh. Kabid Poldagri dan Ormas Badan Kesbangpol. Rombongan berjumlah 25 (dua puluh lima) orang terdiri dari Badan Kesbangpol Kendal beserta pengurus dari 10 (sepuluh) Partai Politik Kabupaten Kendal.

Maksud dan tujuan kunjungan untuk melakukan study komparasi terkait bantuan keuangan Partai Politik melalui APBD. Melalui study komparasi ini diharapkan adanya peningkatan pemahaman, pengetahuan pengurus Partai Politik secara kelembagaan dan tertib administrasi terhadap pengelolaan, penggunaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan bagi Partai Politik melalui APBD. Disampaikan oleh ketua rombongan bahwa Bantuan Keuangan Partai Politik Kabupaten Kendal sebesar Rp. 3.000,- /suara dari sebelumnya sebesar Rp. 1.800,-. Direncanakan akan ada kenaikan bantuan keuangan Parpol sebesar Rp. 5.000,-. Untuk saat ini yang menerima bantuan Parpol ada 10 Partai Politik yang menduduki kursi DPRD sebanyak 45 orang.

Dalam sambutannya Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa besaran bantuan keuangan kepada partai politik hasil Pemilu 2019 ditetapkan sebesar Rp. 3.358,- per suara sah, yang meliputi 7 Parpol, yaitu PDIP (12 kursi), PAN (6 kursi), Gerindra (6 kursi), PKB (5 kursi), Golkar (5 kursi), PKS (5 kursi) dan Nasdem (1 kursi). Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp.841.356.974,- dalam bentuk Hibah.