BADAN KESBANGPOL KULON PROGO GELAR RAKOR PENGAWASAN ORANG ASING

Untuk pertama kalinya Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo di tahun 2021 menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing (PORA). Agenda koordinasi dilaksanakan di Gedung FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jalan Sugiman Margosari Pengasih Kulon Progo pada Rabu (24/02/2021).

Agenda koordinasi PORA dihadiri dari berbagai lintas OPD dan atau instansi vertikal baik lingkup Kulon Progo maupun perwakilan instansi di DIY.

Menurut Elda Tri Wahyuni, S.Si.,M.M (Kabid Kesatuan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo) mengatakan dalam sambutannya “Bahwa mulai tahun ini pengawasan orang asing itu sebagi kinerja Badan Kesbangpol Kulon Progo. Namun di Kulon Progo sendiri belum terbentuk Tim Pengawasan Orang Asing, oleh karena itu segera akan kita tindak lanjuti dimana salah satunya berdasar pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing”.

Dari diskusi banyak sekali masukan dan semua sepakat perlunya pemantauan bersama terhadap keberadaan orang asing di Kabupaten Kulon Progo.