SEMANGAT BELA NEGARA MELALUI “BELA-BELI KULON PROGO” HARUS DITANAMKAN OLEH ANGGOTA IARMI KULON PROGO

 

Wates (1/3/2021) Bupati Kulon Progo menerima silaturahmi dari Pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Kulon Progo pada hari senin tanggal 1 Maret 2021 bertempat di Kantor Bupati, dalam kesempatan itu Bupati didampingi Plt. Asisten Pemerintahan dan kesra Drs. Eka Pranyata, Kepala Badan Kesbangpol  Budi Hartono, S.Si, M.Si dan Kasubag Adminsitrasi Kemasyarakatan  Samingin, S.Pd, Adapun pengurus IARMI Kulon Progo  diwakili oleh Ari Nugroho, ST, agus Waluyo SE, Hery Hermawan A.Md, Ida Riyani SE, Agus Saptono SE, dan Joko Wasito SE.

Dalam kesempatan pertama penyampaian maksud dan tujuan Silaturahmi IARMI  sebagaimana disampaikan oleh Ari Nugroho, ST selaku Ketua IARMI Kulon Progo, yaitu perkenalan bahwa organisasi ini terbentuk pada tanggal 13 Maret 2020, beranggotakan dari seluruh alumi Resimen Mahasiswa yang ada di Kabupaten Kulon Progo tidak memandang lulusan Perguruan Tinggi mana, bersekretariat di Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo, sedangkan jumlah anggota sampai dengan saat ini sementara berjumlah 30 orang, dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, kepemudaan, budaya profesi dan lainnya. Untuk kegiatan dalam waktu dekat yang akan dilaksanakan adalah pelatihan las bagi pemula yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2021, dan akan berkoordinasi dalam rangka mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Kulon Progo.

Selanjutnya bahwa IARMI Kulon Progo tetap mendukung program kerja pemerintah saat ini, dengan semangat bela negara yang tidak akan luntur sejak dilantik menjadi anggota resimen mahasiswa yang tertanam maka sebagai modal awal alat pemersatu bangsa dimanapun berada, karena IARMI ini memiliki struktur berjenjang dari tingkat Nasional sampai dengan Kabupaten/Kota se Indonesia dan tidak akan terlibat dalam kegiatan politik praktis atau menjadi pendukung salah satu partai politik  seperti disampaikan Budi Hartono, SSi, M.Si selaku Kepala Bakesbangpol  sekaligius Penasehat IARMI Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo  Drs. H. Sutedjo menyambut baik dengan hadirnya IARMI di Kulon Progo dan selamat menjalankan tugas kepada pengurus yang ditunjuk, selanjutnya disampaikan bahwa tujuan organisasi dibentuk tentu untuk memperjuangkan kepentingan anggotanya, namun saya berharap bahwa IARMI ini  tidak hanya kepentingan anggota yang menjadi tujuan didirikannya organisasi ini namun juga harus lebih luas yaitu untuk kepentingan masyarakat, seperti kita ketahui bahwa resimen mahasiswa dibentuk dalam rangka menjadi stabilitas politik dinamis dikampus, dan kita harapkan juga implementasi di masyarakat saat ini benar-benar menjaga stabilitas politik  yang dinamis dimasyarakat sebagai modal awal pembangunan. Semangat bela negara yang sampaikan sangat relevan dengan jargon Kulon Progo yaitu “Bela Beli Kulon Progo”  yang sudah digelorakan oleh pemerintah Kabupaten Kulon Progo sejak Tahun 2011 yang lalu, dan seperti kita ketahui bahwa saat ini kita berada dalam situasi membangun negeri sehingga dalam rangka menjaga ketahanan  dan kestabilan ekonomi didaerah perlu adanya semangat untuk membangun daerahnya melalui gerakan membeli produk lokal yang ada diwilayah tersebut, hal ini menjadi model bela negara yang kekinian.