PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO LAKUKAN RAKOR KEBIJAKAN PENANGANAN WABAH GLOBAL COVID -19 DI KULON

Hari ini Rabu, 18 Maret 2020 bertempat di Aula Adikarto Gedung Kaca Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Rapat Koordinasi kebijakan penanganan wabah global covid-19, rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir. RM. Astungkoro, M.Hum, dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Wakil ketua DPRD, Forkopimda, OPD, Panewu, Lurah se Kabupaten Kulon Progo, serta perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga mengadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, RSUD Wates, Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga, Dinas Pariwisata, dan dari PT. Angkasa Pura I, yang menyampaikan materi tentang Covid 19, bangaimana penyebarannya, dan kesiapsiagaan dari OPD serta PT. Angkasa pura I dalam rangka  persiapan perpindahan operasinal Bandara dari Adi Sucipto ke Yogyakarta International Airport (YIA).

Materi selengkapnya silahkan di download di sini.

Selanjutmya dalam sambutannya Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat koordinasi di tingkat DIY yang langsung dipimpin oleh Bapak Gubernur bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta  menyatakan bahwa kondisi penyebaran Covid-19 belum dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), namun bila kita melihat sebaran virusnya yang semakin banyak terjadi di daerah-daerah lain di Indonesia tentu kita harus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan:

  • Optimalkan gerakan masyarakat untuk hidup bersih, menjaga kebersihan lingkungan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),
  • kepada semua OPD untuk membentuk tim penanganan penanggulangan penyebaran Covid-19 termasuk kapanewon dan kelurahan,
  • Tim penanggulangan di tingkat kapanewon langsung dipimpin oleh panewu begitu pula ditingkat kalurahan dan kelurahan
  • Lakukan apa sudah yang menjadi kebijakan dengan tujuan pokok menanggulangi penyebaran covid-19.